RANCANGAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Atas
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester
: X/I
Alokasi Waktu
: 3 Pertemuan (9 JP)
1.
KOMPETENSI
INTI:
KI-1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
2.
KOMPETENSI
DASAR
3.6 Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.6 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak
melingkar, makna fisis dan pemanfaatannya.
3. INDIKATOR
3.6.1
Peserta didik dapat mengidentifikasi
besaran-besaran frekwensi, periode,
posisi sudut, kecepatan linier, kecepatan sudut, pada gerak melingkar beraturan
(GMB).
3.6.2
Peserta didik dapat menerapkan persamaan gerak
melingkar untuk memecahkan permasalahan.
3.6.3
Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh gerak
melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.4
Peserta
didik dapat menjelaskan percepatan sentripetal
3.6.5
Peserta
didik dapat menerapkan persamaan percepatan sentripetal untuk menyelesaikan
permasalahan sederhana
3.6.6
Peserta
didik dapat menjelaskan gaya sentripetal
3.6.7
Peserta
didik dapat menerapkan persamaan gaya sentripetal untuk menyelesaikan
permasalahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.8
Peserta
didik dapat menjelaskan
karakteristik hubungan roda-roda sepusat, bersinggungan, dan roda-roda yang dihubungkan dengan rantai/sabuk
3.6.9
Peserta
didik dapat menerapkan persamaan hubungan antar roda-roda untuk menyelesaikan
permasalahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melaporkan
hasil eksperimen
tentang gerak melingkar beraturan.
4.
Materi
Pembelajaran
v
Fakta :
1. Arah gerak jarum jam
2. Kincir raksasa
3. Roda yang berputar pada porosnya
4. Gerak planet mengelilingi matahari
5. Gir
depan sepeda yang dihubungkan dengan rantai dengan gir belakang.
v Konsep
:
1. Gerak melingkar beraturan adalah gerak yang benda yang
lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan tiap
satuan waktu menempuh busur lingkaran yang sama panjangnya.
2. Frekuensi adalah banyaknya putaran tiap satuan waktu.
3. Periode adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh
satu putaran.
4. Posisi sudut
adalah panjang lintasan dibagi dengan jari-jari.
5. Kecepatan
sudut adalah perubahan posisi sudut benda yang bergerak melingkar tiap
satuan waktu.
6. Kecepatan
linier adalah hasil bagi panjang lintasan linear yang ditempuh benda dengan selang waktu tempuhnya.
7. Percepatan sentripental adalah Percepatan yang selalu mengarah ke
pusat lingkaran.
8. Gaya
sentripental adalah adalah
gaya yang menimbulkan percepatan sentripetal. Gaya sentripetal pada gerak melingkar
berfungsi untuk merubah arah
gerak benda.
v Prinsip
:
1.
Semakin cepat gerak roda, maka kecepatan
sudut dan kecepatan linier nya semakin bertambah.
2. Kecepatan
sudut pada gerak melingkar beraturan memiliki besar dan arah selalu tetap
setiap saat.
3.
Percepatan sentripetal selalu mengarah
ke pusat lingkaran.
4.
Gaya sentripetal mengubah arah gerak
lurus menjadi gerak meligkar.
5.
Dua
roda yang seporos mempunyai kecepatan sudut yang sama.
6.
Dua
roda yang bersinggungan atau terhubung dengan sabuk mempunyai kecepatan linier
yang sama.
v
Prosedur
1.
Melakukan
percobaan gerak melingkar untuk mengidentifikasi besaran-besaran yang ada di
dalamnya.
5.
Pendekatan, Metode,
dan Model Pembelajaran
Pertemuan
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode
|
1
|
Saintifik
|
Kooperatif GI
|
a.
Eksperimen
b.
Diskusi
c.
Informasi
|
2
|
Saintifik
|
Kooperatif STAD
|
a. Diskusi
b. Informasi
c. Tanya jawab
|
3
|
Saintifik
|
Discovery-Inquiry Learning
|
a.
Pengamatan
b.
Tanya jawab
c.
Diskusi
d.
Informasi
|
6. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Fase pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memusatkan perhatian siswa
dengan mengucapkan salam pembuka, berdoa sebelum memulai
pembelajaran dan mengecek kehadiran
siswa.
2.
Guru
menyampaikan indikator pembelajaran.
3.
Guru
memberikan motivasi dengan
mengkaitkan materi yang akan dibahas dengan pengetahuan awal siswa mengenai
gerak: “Sebelumnya kalian sudah mempelajari mengenai gerak lurus, baik GLB
maupun GLBB, apakah ada yang masih ingat apa yang ada ketahui mengenai GLB?
Besaran-besaran apa saja yang terdapat pada GLB?”
(Mengamati)
1.
Siswa mengamati
video yang ditampilkan oleh guru (Kincir air untuk mengatasi kekeringan).
(Menanya)
1.
Berdasarkan video tersebut,
diharapkan siswa termotivasi untuk berpendapat dan bertanya mengenai gerak dari kincir air tersebut.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1 Grouping
|
1.
Guru membagi kelompok siswa ke dalam
kelompok belajar yang heterogen dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang dan
membagikan LKS 01 mengenai gerak melingkar.
2.
Guru menggali
pengetahuan awal siswa mengenai materi pelajaran yang akan dibahas dengan
memberikan permasalahan yang sudah tersedia pada LKS 01 gerak melingkar
3.
Siswa membaca dan
memahami permasalahan yang ada di LKS 01 gerak melingkar.
|
5 menit
|
Fase 2
Planning
|
1.
Siswa bersama
kelompoknya mendiskusikan permasalahan yang ada pada LKS 01 gerak melingkar yang
diberikan guru.
2.
Siswa dalam
kelompoknya membuat hipotesis berdasarkan permasalahan di LKS 01 gerak melingkar
3.
Siswa dalam
kelompoknya merancang percobaan pada LKS 01 gerak
melingkar yang sudah
dibagikan guru.
|
10 menit
|
Fase 3
Investigation
|
(Mengumpulkan
Informasi)
1.
Siswa menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam melakukan percobaan gerak melingkar
2.
Siswa melakukan praktikum sesuai dengan langkah-langkah di LKS 01 gerak melingkar
3.
Masing-masing
kelompok mengumpulkan data dan informasi melalui praktikum untuk menguji hipotesis yang sudah dibuat.
4.
Guru
membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi baik secara
lisan maupun melalui LKS 01 gerak melingkar
apabila siswa mengalami kesulitan.
|
20 menit
|
Fase 4 Organizing
|
(Mengasosiasikan)
1.
Siswa
menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari hasil eksperimen, untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS 01 gerak melingkar secara berkelompok.
2.
Siswa
bersama kelompoknya menyimpulkan sesuai dengan tujuan dan hasil yang
diperoleh dari diskusi.
3.
Masing-masing
kelompok menulis hasil diskusi dalam bentuk laporan.
4.
Siswa merencanakan
presentasi hasil diskusi, bagaimana informasi tersebut diringkas, dan disajikan
dengan cara yang menarik sebagai bahan untuk dipresentasikan kepada seluruh
kelas.
5.
Masing-masing
kelompok menentukan penyaji, moderator, dan notulen yang bertugas ketika
persentasi.
|
25 menit
|
Fase 5 Presenting
|
(Mengkomunikasikan)
1.
Salah satu
kelompok siswa menyajikan hasil eksperimen dan diskusi mengenai gerak melingkar di
depan kelas.
2.
Kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya dan
mengomentari kelompok yang presentasi.
3.
Guru
memfasilitasi terjadinya diskusi antara kelompok presentasi dan siswa yang
bertanya, maupun yang memberikan tanggapan.
4.
Siswa
menyimpulkan hasil eksperimen dan diskusi mengenai gerak melingkar
5.
Guru sebagai
fasilitator dan mediator memberikan penjelasan apabila ada hasil diskusi siswa yang
tidak sesuai dengan konsep gerak melingkar.
|
35 menit
|
Fase
6
evaluating
|
1.
Siswa bersama
guru merangkum kembali hasil pembelajaran mengenai gerak melingkar yang sudah
dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan kuis terkait dengan materi gerak
melingkar untuk menguji pemahaman siswa.
|
15 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan pekerjaan rumah.
2.
Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya,
yaitu Percepatan sentripental.
3.
Guru dan siswa
berdoa sesudah pembelajaran
4.
Guru dan siswa mengucapkan salam penutup.
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Fase pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
1.
Guru memusatkan perhatian siswa dengan mengucapkan
salam pembuka, berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengecek kehadiran
siswa.
2.
Guru menyampaikan indikator
pembelajaran.
3. Guru memberikan motivasi dengan mengkaitkan materi yang akan dibahas
dengan pengetahuan awal siswa mengenai gerak: Pernahkah
kalian berkendaraan dan melewati tikungan? Apa yang kalian rasakan pada saat
kendaraan bergerak menikung?
(Mengamati)
1.
Siswa mengamati video yang
ditampilkan yang
ditampilkan guru (video planet-planet mengelilingi matahari).
(Menanya)
1.
Berdasarkan video tersebut,
diharapkan siswa termotivasi untuk berpendapat dan bertanya.
Mengapa planet-planet tidak keluar
lintasan saat menggelilingi matahari“?”
2.
Guru menampung semua pendapat dan
pertanyaan siswa sebagai bahan penyelidikan untuk tahap berikutnya.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Fase
2. Menyajikan informasi
|
(Mengumpulkan
Informasi)
1. Guru
memberikan informasi mengenai percepatan sentripetal (siswa memperhatikan penjelasan guru)
2. Guru
menjelaskan materi percepatan sentripetal dan gaya sentripetal
3. Guru
memberikan contoh soal yang berkaitan dengan percepatan sentripetal, gaya
sentripetal serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Sambil
membimbing siswa dalam menyelesaikan contoh soal.
5. Meminta
salah satu siswa untuk menuliskan jawabannya di papan tulis. Memastikan
setiap siswa telah mengetahui jawaban contoh soal yang benar.
|
20 menit
|
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
|
@ Guru
membagi siswa dalam kelompok berjumlah 4-5 orang
|
5 menit
|
Fase 4. Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar
|
Mengasosiasi
1. Guru
membagikan LDS
kepada siswa
2.
Siswa diberikan kesempatan untuk
mencari data/ informasi dari berbagai buku sumber untuk memecahkan masalah
yang terdapat pada LDS.
3.
Siswa berdiskusi secara intensif
untuk memecahkan masalah yang terdapat pada LDS dengan rasa tanggung jawab dan
selalu aktif dalam menyumbang pendapat untuk menyelesaikan masalah tersebut.
|
45 menit
|
Fase 5. Evaluasi
|
(Mengkomunikasikan)
1. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya
2.
Kelompok lain menanggapi
presentasi kelompok yang bersangkutan
3.
Guru menanggapi hasil presentasi
untuk memberi penguatan pemahaman dan
mengklarifikasi miskonsepsi.
4.
Guru
menilai kemampuan siswa saat presentasi
5.
Guru menjelaskan materi yang
belum jelas dalam diskusi kelompok.
6.
Guru memberikan kuis
|
35 menit
|
Fase 6.
Pemberian penghargaan
|
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik.
|
5 menit
|
Penutup
|
1. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran secara keseluruhan
2. Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik
3. Menginformasikan
kepada siswa tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan-pertemuan
berikutnya yaitu tentang hubungan roda-roda pada gerak melingkar beraturan.
4. Guru
menyampaikan salam penutup.
|
10 menit
|
Pertemuan ke 3
Fase pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
a.
Stimulation
|
1.
Guru memusatkan perhatian siswa dengan mengucapkan
salam pembuka, berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengecek kehadiran
siswa.
2. Guru bertanya dan menagih secara lisan tugas rumah yang
diberikan.
3. Motivasi
dan Apersepsi
a.
Guru
menampilkan gambar-gambar penerapan gerak melingkar pada hubungan roda-roda
menggunakan powerpoint.
b.
Guru memberikan pertanyaan: Pada sepeda ada gear gigi besar di depan dan gear gigi kecil di belakang. Seandainya roda giginya dibalik,yang
besar di belakang dan yang kecil di depan, kira-kira apa yang terjadi?
Mengapa bisa terjadi seperti itu?
4.
Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Guru memperlihatkan video gerakan gear sepeda
2.
Peserta didik mengamati video yang ditampilkan
guru (video gerakan roda belakang sepeda gayung dan gear belakang, gerakan gear belakang dan gear depan.
|
10 menit
|
b.
Problem
statement
|
Menanya
1.
Guru membimbing peserta didik untuk menemukan hal-hal
yang terdapat pada video gerakan roda-roda sepeda.
2.
Guru membimbing peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan tentang video yang di tampilkan
|
10 menit
|
c. Data collection
|
1. Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing
terdiri atas 4-5 orang.
2. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan untuk menentukan
besaran fisika pada hubungan roda-roda melalui LDS
3. Guru
membagikan LDS (lembar kerja siswa).
4. Guru
menjelaskan langkah LDS kepada
peserta didik.
5.
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok melakukan kegiatan yang terdapat di LDS
Mengumpulkan
data
1. Peserta didik
melakukan diskusi membandingkan prediksi dengan hasil pengukuran dan data
yang diperoleh. Diskusi di arahkan pada tujuan yang ingin di capai oleh
peserta didik
|
15 menit
|
d.
Data prossesing
|
Mengasosiasi
1.
Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk
mendiskusikan masalah besaran fisika pada hubungan roda-roda.
2. Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
|
35 menit
|
e.
Verification
|
Mengkomunikasikan
1. Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
2.
Kelompok lain diberikan kesempatan
untuk bertanya dan mengomentari kelompok yang presentasi.
3.
Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi
penguatan pemahaman dan mengklarifikasi miskonsepsi.
4.
Guru menjelaskan materi secara menyeluruh untuk memberi
penguatan pemahaman peserta didik.
|
35 menit
|
f.
Generalization
|
1.
Peserta didik
menarik kesimpulan dari hasil verifikasi.
2.
Guru memberikan kuis.
|
10 menit
|
Penutup
|
1. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran secara keseluruhan.
2. Guru
melakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa yang
dianggap kurang memperhatikan saat proses pembelajaran
3. Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik
4. Menginformasikan
kepada siswa tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan-pertemuan
berikutnya yaitu tentang elastisitas dan hukum Hooke.
5. Guru
menyampaikan salam penutup.
|
10 menit
|
7.
Teknik Penilaian
1.
Pengetahuan
a. Tes Tertulis
2.
Keterampilan
a. Praktikum
b. Persentasi
8.
Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Lampiran 1)
b. Pertemuan Kedua (Lampiran
2)
c. Pertemuan Ketiga (Lampiran
3)
9.
Pembelajaran Remedial : Belajar Kelompok
10.
Pembelajaran Pengayaan : soal-soal
pengayaan
11.
Media/ alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
•
Media/ alat
Video :
Ø Warga buat kincir angin untuk
atasi krisis air.2014. Netmediatama. Tersedia pada https://www.youtube.com/watch?v=2zP-z5nhZns. Diakses pada tanggal 01 April 2016.
Ø Solar System Video.2002. tersedia pada https://www.youtube.com/watch?v=z8aBZZnv6y8. Diakses
pada tanggal 23 Maret 2016.
Ø
Circular
Motion -Science Theater 016.2008. tersedia pada
https://www.youtube.com/watch?v=L6-kn2tB-9E. Diakses
pada tanggal 23 Maret 2016.
Ø Learn hydraulic: external gear moto.2009.
tersedia pada https://www.youtube.com/watch?v=P_FjHC5ItnU. Diakses
pada tanggal 23 Maret 2016.
Gambar : Gir pada jam analog, sepeda gunung.
•
Bahan : Roda
Mainan dan Stopwatch masing-masing empat buah
•
Sumber Belajar
Buku
referensi:
1. Nurachmandani, S. 2009. Fisika 1 Untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta: Grahadi
2.
Nufus, N., Furqon, A. Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Pustaka Insan
Madani
Situs internet:
1. Gerak
Melingkar. Tersedia
pada https
://belajar.kemdikbud.go.id/. Diakses pada tanggal 20 Maret 2016.
Mengetahui Semarang,.........................
Guru Pamong, Mahasiswa
PPG SM-3T
……………………… Rahmat Budi Santoso,
S.Pd.
NIP. - NIM.
4201016004
sipp
BalasHapusbaru ketemu yang sesuai, kalo boleh lampiran lampirannya, LDS dsb
BalasHapus