RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/Satu
Materi
Pokok : Vektor
Alokasi Waktu :
3 pertemuan (9 JP)
KOMPETENSI INTI:
KI-1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
: Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI-3
: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI-4
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Materi Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Vektor
|
3.3
Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
|
3.3.1
Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan
metode jajargenjang dan polygon
3.3.2
Menjumlahkan dua vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis
dan menggunakan rumus cosines
3.3.3
Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen
yang saling tegak lurus
3.3.4
Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan cara analisis
|
4.3 Merancang
percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
|
4.3.1
Mempraktikkan cara menentukan resultan 2 buah vektor
|
MATERI
PEMBELAJARAN
Ø Fakta
1.
Mendorong meja 2. Gerak Perahu
Ø Konsep
1.
Besaran vektor dan
skalar
2.
Menggambar vektor
3.
Resultan vektor
4.
Besar dan arah vektor
resultan
5.
Komponen-komponen
vektor
Ø Prinsip
- Penjumlahan vektor
2. Penjumlahan vektor dengan metode jajaran genjang
3.
Penguraian vektor menjadi
komponen-komponen pada satu bidang
· Komponen vektor pada sumbu X
Fx
= F cos α
· Komponen vektor pada sumbu Y
Fy = F sin α
Ø Prosedur
1.
Menggambar vektor
2.
Menentukan resultan vektor
secara grafis dan analisis
PERTEMUAN
I
a.
Tujuan
Pembelajaran
1 Siswa dapat menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang dan
poligon melalui gambar
2 Siswa dapat menjumlahkan dua vektor yang segaris atau
membentuk sudut secara grafis dan menggunakan rumus cosinus melalui diskusi
kelas
b.
Model
Pembelajaran
Model : Cooperative Learning
Metode : Diskusi
c.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Alat : Penggaris, busur derajat, milimeter book
Sumber : - Kanginan,
Marten.2002.Fisika SMA kelas X semester 1.Jakarta:
Erlangga.
-
LKS
d.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Membuka pelajaran dan
mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
2)
Apersepsi:
-
Pada bab sebelumnya
kalian sudah mempelajari tentang macam-macam besaran fisika. Coba sebutkan
contoh-contoh dari besaran tersebut?
-
Apakah perbedaan
antara besaran kecepatan dan besaran massa?
-
Sekarang coba
sebutkan besaran-besaran apa saja yang termasuk dalam besaran vektor dan
skalar?
3)
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi yang akan
dipelajari (Tahap 1 Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa)
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1)
Mengamati penjelasan tentang penggambaran vektor
2)
Menyimak penjelasan tentang menjumlahkan vektor dengan cara grafis
(metode jajargenjang dan poligon)
3)
Memperhatikan cara meresultan dua buah vektor yang segaris atau membentuk
sudut menggunakan rumus cosinus (Tahap 2
Menyajikan Informasi)
Menanya
1) Menanya hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
menggambar vektor
2) Mempertanyakan cara menentukan besar dan arah
resultan dua buah vektor secara grafis
Mengumpulkan Informasi
1) Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok
belajar (Tahap 3 Mengorganisasikan
siswa ke dalam Kelompok-kelompok belajar)
2) Menggambar resultan dua buah vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis
3) Menghitung resultan dua buah vektor yang segaris
atau membentuk sudut menggunakan rumus cosinus
Menalar
1) Mengolah hasil penjumlahan dua buah vektor secara
grafis dan menggunakan aturan cosinus kemudian membandingkan (Tahap
4 Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar)
Mengomunikasikan
1) Menjelaskan hasil penjumlahan dua buah vektor secara
grafis dan menggunakan rumus cosinus. (Tahap
5 Evaluasi)
|
115 menit
|
Penutup
|
1)
Mendorong siswa untuk
menyimpulkan pelajaran hari ini
2)
Memberikan
penghargaan untuk kelompok terbaik (Tahap 6 Memberikan Penghargaan)
3)
Memberikan tugas
mandiri berupa latihan soal.
|
10 menit
|
PERTEMUAN
II
a.
Tujuan
Pembelajaran
1) Siswa dapat menentukan
resultan dua vektor yang mengapit sudut tertentu melalui percobaan
b.
Model
Pembelajaran
Model : Cooperative
Learning
Metode : Eksperimen
c.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Alat :
Neraca Pegas 3 buah, busur derajat, statif 2 buah, benang dan beban
Sumber : - Kanginan,
Marten.2002.Fisika SMA kelas X semester 1.Jakarta:
Erlangga.
-
LKS
d.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Membuka pelajaran dan
mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
2)
Apersepsi
-
Pada pertemuan
sebelumnya kalian sudah membahas tentang penjumlahan vektor. Coba sebutkan
beberapa cara menjumlahkan vektor?
3)
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai (Tahap 1 Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa)
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1)
Menyimak penjelasan tentang percobaan yang akan dilakukan (Tahap
2 Menyajikan Informasi)
Menanya
1) Menanyakan cara menentukan resultan dua vektor
melalui percobaan
Mengumpulkan Informasi
1)
Siswa membentuk kelompok untuk melakukan percobaan menentukan resultan
dua vektor (Tahap 3 Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar)
2)
Melengkapi data pada LKS 2
Menalar
1) Mengolah data hasil percobaan (Tahap 4 Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar)
Mengomunikasikan
1) Menyampaikan hasil percobaan di depan kelas (Tahap
5 Evaluasi)
|
115
menit
|
Penutup
|
1)
Mendorong siswa untuk
menyimpulkan percobaan hari ini
2)
Memberikan
penghargaan untuk kelompok terbaik (Tahap 6 Memberikan Penghargaan)
3)
Memberikan tugas untuk
membaca materi selanjutnya
|
10 menit
|
PERTEMUAN
III
a.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Siswa dapat menguraikan sebuah vektor
dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus melalui
diskusi kelas
2)
Siswa dapat menjumlahkan dua vektor
atau lebih dengan cara analisis melalui diskusi kelas
b.
Model
Pembelajaran
Model : Cooperative
Learning
Metode : Diskusi
c.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Alat : Penggaris, busur derajat, milimeter book
Sumber : Kanginan,
Marten.2002.Fisika SMA kelas X semester 1.Jakarta:
Erlangga.
LKS
d.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Membuka pelajaran dan
mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
2)
Apersepsi
-
Pada pertemuan
sebelumnya kalian sudah melakukan penjumlahan vektor dengan berbagai cara.
Coba sebutkan kembali?
-
Kemarin kalian juga
sudah melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua buah vektor. Sekarang
bagaimana menentukan resultan vektor yang jumlahnya lebih dari dua?
3)
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai (Tahap 1 Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa).
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1)
Memperhatikan cara
menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar
menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus (Tahap 2 Menyajikan Informasi)
2)
Menyimak
penjelasan tentang penjumlahan
dua vektor atau lebih menggunakan cara analisis
Menanya
1) Menanyakan bagaimana cara menguraikan vektor menjadi
komponen-komponen yang saling tegak lurus.
Mengumpulkan Informasi
1)
Mendiskusikan
penguraian komponen-komponen vektor dalam bidang datar. (Tahap 3 Mengorganisasikan Siswa ke dalam
Kelompok-kelompok Belajar)
2)
Mengerjakan lembar
kerja siswa (LKS) mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode
analisis
Menalar
1) Menggambarkan vektor resultan dari hasil analisis (Tahap
4 Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar)
Mengomunikasikan
1) Mempresentasikan hasil diskusi LKS di
depan kelas (Tahap 5 Evaluasi)
|
115 menit
|
Penutup
|
1)
Mendorong siswa untuk
menyimpulkan pelajaran hari ini
2)
Memberikan
penghargaan untuk kelompok terbaik (Tahap 6 Memberikan Penghargaan)
3)
Memberikan tugas
mandiri berupa latihan soal serta membaca materi bab selanjutnya
|
10 menit
|
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Penilaian Praktik
|
·
Lembar Penilaian Praktik dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Pilihan Ganda
dan Uraian
|
2.
Contoh Instrumen
a. Lembar Penilaian
Praktik
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Dasar
: 4.3 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk
menentukan resultan vektor
Indikator :
Mempraktikkan
cara menentukan resultan dua buah vektor
Format
penilaian praktik
No
|
Nama
|
Skor untuk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
|
Laporan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
Mengetahui
Kepala SMA … Guru
Mata Pelajaran
Rahmat Budi Santoso, S.Pd
NIP.
bagus sekali postingannya.. sangat membantu
BalasHapusTrima kasih atas postingannya yg sangat membantu saya
BalasHapus