Sabtu, 23 April 2016

RPP FISIKA KELAS X KINEMATIKA GERAK LURUS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                           :   SMA
Mata Pelajaran                :   Fisika
Kelas/semester                 :   X/1
Alokasi Waktu                  :   4 Pertemuan ( 4  x 3 JP  = 12  JP)
Materi                             :   Kinematika Gerak Lurus

    A.   Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
    B.   Kompetensi Dasar
1.1
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam  fisis dan pengukurannya
2.1 
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.4
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
4.4
Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus  dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya 
    C.    Indikator Pembelajaran
3.4.1
Membedakan jarak dan perpindahan
3.4.2
Membedakan kelajuan dan kecepatan
3.4.3
Menganalisis besaran Gerak Lurus Beraturan dan menggunakannya dalam memecahkan masalah
3.4.4
Menganalisis besaran Gerak Lurus Berubah Beraturan dan menggunakannya dalam memecahkan masalah
3.4.5
Mengaplikasikan konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan dalam gerak jatuh bebas
3.4.6
Mengaplikasikan konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan dalam gerak vertikal
4.4.1
Melakukan percobaan glbb serta mampu menyajikan hasil percobaan dalam bentuk data maupun grafik.

D.     Materi Pembelajaran
Fakta:
Kereta api melakukan gerak lurus beraturan ketika bergerak di atas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.
Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya merupakan fakta gerak lurus berubah beraturan.
Benda yang dilemparkan lurus ke atas merupakan fakta gerak lurus berubah beraturan.

Konsep:
1.    Gerak sebuah benda pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap  merupakan Gerak Lurus Beraturan
2.    Gerak sebuah benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah secara teratur merupakan gerak lurus berubah beraturan

Prinsip:
Gerak lurus beraturan memiliki kecepatan konstan dan tidak memiliki percepatan.
Kecepatan sesaat dan kecepatan rata rata pada gerak lurus beraturan adalah sama.
Gerak lurus berubah beraturan mengalami perubahan kecepatan secara konstan, sehingga bisa dikatakan memiliki percepatan konstan.

Prosedur:
Menentukan jarak, kecepatan dan selang waktu pada GLB.
Menentukan kecepatan akhir pada GLBB
Menentukan kecepatan benda dan waktu sebelum menyentuh tanah pada gerak jatuh bebas
Menentukan ketinggian maksimum benda pada gerak vertikal ke atas.
Menentukan kecepatan awal sebuah benda yang mengalami gerak vertikal ke atas.

E.      Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan                : Saintifik
Model Pembelajaran    : Discovery Learning, Cooperative Learning
Sumber                      : Bob Foster. 2007. Fisika SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
Marthen Kanginan. 2008. Seribu Pena Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Pertemuan 1
Waktu   : 3 x 45 menit (3 JP)
PENDAHULUAN (20 Menit)
·     Guru memberikan salam dan membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai implementasi nilai religius.
·     Guru melakukan presensi dan mengecek konsentrasi siswa sebelum pelajaran dimulai.
·     Apersepsi: guru bertanya pada siswa “pernahkah kalian naik mobil? Jika kalian menoleh keluar jendela, apakah yang kalian lihat? Apa yang terjadi dengan benda tersebut? Apakah bergerak?
·      Siswa bersama guru mengkonstruksi tentang gerak sebuah benda.
·      Guru merangsang siswa untuk bersyukur bahwa kita masih memiliki kaki untuk bisa berjalan.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
INTI (95 Menit)
·    Siswa mengamati lintasan temannya (Siswa A) yang bergerak 4 langkah ke depan, kemudian belok 3 langkah ke kanan dan berbelok 4 langkah ke belakang, mencatat waktunya dan menandai titik awal serta titik akhirnya serta mencatat jaraknya. Mengamati. (sintaks: Menstimulasi)
·    Siswa mengamati lintasan gerak siswa dalam diagram kartesian yang di buat oleh guru. Mengamati.
·    Siswa mengamati beda jarak lintasan yang ditempuh siswa A dan jarak yang diukur langsung dari titik awal ke titik akhir. Mengamati.
·     Siswa menanya beda jarak lintasan yang ditempuh siswa A dan jarak yang di ukur langsung dari titik awal ke akhir. Menanya (sintaks: Mengidentifikasi masalah)
·    Siswa mencatat beda jarak lintasan yang ditempuh siswa A dan jarak yang diukur langsung dari titik awal ke titik akhir. Mengumpulkan informasi. (sintaks: pengumpulan data)
·    Siswa mengasosiasi perbedaan konsep jarak dan perpindahan. Mengasosiasi.(Sintaks: Pengolahan Data)
·    Bersama guru siswa membuktikan kebenaran konsep jarak dan perpindahan yang mereka dapat. (Sintaks: Pembuktian)
·  Siswa diajak untuk mengamati perjalanan yang pernah mereka lakukan meliputi jarak, waktu tempuh dan arahnya. Mengamati (sintaks: Menstimulasi)
·     Siswa diajak untuk mengamati speedometer motor atau mobil. Mengamati
·     Siswa mengamati lintasan perjalan yang di gambarkan  pada bidang kartesian oleh guru. Mengamati
·    Siswa menanya tentang makna dari angka yang terbaca dalam speedometer. Menanya (sintaks: Mengidentifikasi masalah)
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang waktu, arah, jarak dan perpindahan dari perjalanan di atas. Mengumpulkan informasi. (sintaks: pengumpulan data)
·  Siswa merumuskan hubungan antara perpindahan, waktu tempuh, arah, kealjuan dan kecepatan. Mengasosiasi (sintaks: pengolahan data)
·    Siswa menalar bagaimana hubungan perpindahan, selang waktu, kecepatan sesaat dan kecepatan rata rata. Mengasosiasi
·  Bersama guru siswa membuktikan hubungan perpindahan, selang waktu, kecepatan sesaat dan kecepatan rata rata. (Sintaks: pembuktian)
PENUTUP (20 Menit)
Mendorong siswa untuk melakukan:
·  menyimpulkan perbedaan perpindahan dan jarak, serta cara menentukan perpindahan dan jarak.(sintaks: menarik kesimpulan)
·  menyimpulkan perbedaan kelajuan dan kecepatan, serta cara menentukan perpindahan dan jarak.
·   merefleksi perbedaan perpindahan dan jarak, kelajuan dan kecepatan serta cara menentukannya.
·     Siswa mendapatkan Tugas dari guru
Pertemuan 2
Waktu   :  3 x 45 menit
PENDAHULUAN(20 Menit)
·  Guru memberikan salam dan membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai implementasi nilai religius.
·   Guru melakukan presensi dan mengecek konsentrasi siswa (senam otak dll) sebelum pelajran dimulai.
·  Guru menanyakan apakah ada kesulitan dari tugas kemarin dan membahasnya.
·   Apersepsi: “siswa diingatkan oleh guru tentang gerak benda pada lintasan lurus.
INTI (100 Menit)
·  Siswa mengamati sebuah animasi gerak benda yang bergerak dengan kecepatan tetap dengan lintasan lurus. Mengamati. (sintaks: menstimulasi)
·    Siswa menanya tentang kecepatan gerak benda yang ditampilkan. Menanya. (sintaks: mengidentiifikasi masalah)
·   Siswa mengumpulkan informasi besaran besaran yang berlaku pada gerak lurus beraturan. Mengumpulkan Informasi. (sintaks: pengumpulan data)
·  Siswa mengasosisasikan hubungan besaran besaran GLB  dalam bentuk persamaan, menghubungkan besaran besaran tersebut dalam bentuk grafik. Mengasosiasi(sintaks: pengolahan data)
·   Bersama guru siswa membuktikan  hubungan besaran besaran GLB  dalam bentuk persamaan, menghubungkan besaran besaran tersebut dalam bentuk grafik. (sintaks: pembuktian)
·     Siswa menjelaskan konsep GLB di depan kelas. Mengkomunikasikan
·    Siswa mengamati animasi benda yang bergerak dari keadaan diam kemudian bergerak dipercepat. Mengamati (sintaks: menstimulasi)
·    Siswa menanya makna angka percepatan yang muncul. Menanya. (sintaks: mengidentiifikasi masalah)
·  Siswa mengumpulkan informasi makna dari nilai sebuah percepatan. Mengumpulkan Informasi (sintaks: pengumpulan data)
·    Siswa menalar definisi dan makna dari percepatan. Mengasosiasi(sintaks: pengolahan data)
·    Bersama guru siswa membuktikan definisi dan makna percepatan. (Sintaks: pembuktian)
·  Siswa menjelaskan makna percepatan di depan kelas secara verbal. Mengkomunikasikan
·    Siswa menalar bahwa gerak benda pada lintasan lurus yang kecepatannya berubah merupakan gerak GLBB. Mengasosiasi.
·   Siswa bertanya hubungan antara besaran besaran yang ada dalam GLBB. Menanya
·  Siswa mengumpulkan informasi hubungan antar besaran dalam GLBB. Mengumpulkan Informasi
·     Siswa menalar hubungan antar besaran dalam GLBB. Mengasosiasi
·     Siswa menjelaskan kepada teman sebangku tentang hubungan antar besaran dalam GLBB. Mengkomunikasikan
·   Siswa membentuk kelompok untuk praktikum pertemuan depan, satu kelompok 4 anak.
·   Guru membagikan Lembar Kerja Siswa dan menerangkan langkah langkah praktikum.
PENUTUP (15 Menit)
Mendorong siswa untuk melakukan:
·         menyimpulkan konsep GLB (sintaks: menarik kesimpulan)
·         menyimpulkan makna sebuah benda yang mengalami percepatan.
·         menyimpulkan perbedaan percepatan sesaat dan percepatan rata rata.
·         Guru memberikan tugas sebagai bagian dari evalusi.
Pertemuan 3
Waktu: 3 x 45 menit.
PENDAHULUAN (20 Menit)
·  Guru memberikan salam dan membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai implementasi nilai religius.
·     Guru melakukan presensi dan mengecek konsentrasi siswa sebelum pelajaran dimulai.
·  Guru menanyakan apakah ada kesulitan dari tugas kemarin dan membahasnya secara singkat.
INTI (95 Menit)
·    Siswa menyiapakan alat dan bahan untuk praktikum.
·     Siswa melakukan praktikum ticker timer. Mengamati
·    Siswa bertanya tentang praktikum yang dilakukan apakah sudah sesuai atau belum. Menanya
·   Siswa mencatat hasil praktikum dengan ticker timer, sesuai petunjuk pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Mengumpulkan informasi.
·     Siswa mengolah data hasil praktikum. Mengasosiasi
·     Siswa membuat grafik hasil praktikum ticker timer.
·   Siswa menganalisis hubungan besaran besaran dalam GLBB melalui grafik hasil praktikum.  Mengasosiasi
·     Siswa menyampaikan hasil praktikum di depan kelas. Mengkomunikasikan
·   Siswa bersama guru membahas hasil praktikum dan mengkaitkan dengan persamaan matematisnya. Mengamati
·     Siswa bertanya perumusan matematis pada GLBB. Menanya
· Siswa mengumpulkan informasi perumusan matematis pada GLBB. Mengumpulkan Informasi
·      Siswa menalar perumusan matematis pada GLBB. Mengasosiasi
·   Siswa menjelaskan perumusan matematis pada GLBB dengan siswa lain. Mengkomunikasikan
PENUTUP (20 Menit)
Mendorong siswa untuk melakukan:
·     menyimpulkan pengaruh adanya percepatan pada gerak lurus.
·  menyimpulkan hubungan besaran besaran dalam gerak lurus berubah beraturan.
·    menyimpulkan persamaan matematis yang ada dalam gerak lurus berubah beraturan.
Pertemuan 4
Waktu: 3 x 45 menit.
PENDAHULUAN (20 Menit)
·  Guru memberikan salam dan membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai implementasi nilai religius.
·  Guru melakukan presensi dan mengkondisikan siswa sebagai bagian dari disiplin siswa.
·   Guru mengingatkan kembali tentang konsep gerak lurus berubah beraturan yang diajarkan kemarin.
INTI (95 Menit)
·    Siswa berkumpul sesuai kelompok seperti kemarin.
· Siswa mengamati animasi dan peragaan jatuhnya sebuah benda tanpa kecepatan awal (gerak jatuh bebas). Mengamati
·    Siswa mengamati animasi dan peragaan gerak vertikal ke atas. Mengamati
·   Siswa berdiskusi tentang hal hal yang ditanyakan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS). Menanya
·  Siswa mengumpulkan informasi jawaban jawaban akan pertanyaan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS).  . Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengasosiasi perumusan matematis gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas sesuai dengan petunjuk pada Lembar Diskusi Siswa (LDS). Mengasosiasi
·      Siswa menyapaikan hasil diskusinya tentang gerak jatuh bebas dan bertikal ke atas. mengkomunikasikan
·       Siswa menjalani evalusai akhir (60 menit)
PENUTUP (20 Menit)
Mendorong siswa untuk melakukan:
·   Menyimpulkan konsep gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas dan perumusan matematisnya.

F.      Penilaian Pembelajaran
Teknik dan bentuk instrumen:
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
KI III dan IV
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Petik Kerja
Tes Tertulis
Tes Pilihan Ganda, Tes Uraian




Semarang, 31 Maret 2016
Guru Mata Pelajaran,




Rahmat Budi Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar