RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran
: Fisika
Kelas/semester : X/1
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan ( 4 x 3 JP
= 12 JP)
Materi : Kinematika Gerak Lurus
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.1
|
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
3.4
|
Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
|
4.4
|
Menyajikan data dan
grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak
lurus dengan kecepatan konstan (tetap)
dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
|
C.
Indikator Pembelajaran
3.4.1
|
Membedakan jarak dan perpindahan
|
3.4.2
|
Membedakan kelajuan dan kecepatan
|
3.4.3
|
Menganalisis besaran Gerak Lurus Beraturan dan menggunakannya dalam
memecahkan masalah
|
3.4.4
|
Menganalisis besaran Gerak Lurus Berubah Beraturan dan menggunakannya
dalam memecahkan masalah
|
3.4.5
|
Mengaplikasikan konsep Gerak Lurus Berubah
Beraturan dalam gerak jatuh bebas
|
3.4.6
|
Mengaplikasikan konsep Gerak Lurus Berubah
Beraturan dalam gerak vertikal
|
4.4.1
|
Melakukan percobaan
glbb serta mampu menyajikan hasil percobaan dalam bentuk data maupun grafik.
|
D.
Materi Pembelajaran
Fakta:
Kereta api melakukan gerak lurus beraturan ketika bergerak di atas lintasan rel yang
lurus tersebut dengan laju tetap.
Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya merupakan
fakta gerak lurus berubah
beraturan.
Benda yang dilemparkan lurus ke atas merupakan
fakta gerak lurus berubah
beraturan.
Konsep:
1. Gerak sebuah benda pada
lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap
merupakan Gerak Lurus Beraturan
2. Gerak sebuah benda
pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah secara teratur merupakan
gerak lurus berubah beraturan
Prinsip:
Gerak
lurus beraturan memiliki kecepatan konstan dan tidak memiliki percepatan.
Kecepatan sesaat dan kecepatan
rata rata pada gerak lurus beraturan
adalah sama.
Gerak
lurus berubah beraturan mengalami perubahan kecepatan
secara konstan, sehingga bisa dikatakan memiliki percepatan
konstan.
Prosedur:
Menentukan
jarak,
kecepatan dan selang waktu pada GLB.
Menentukan kecepatan akhir pada GLBB
Menentukan
kecepatan benda dan waktu sebelum menyentuh tanah pada gerak jatuh bebas
Menentukan ketinggian maksimum
benda pada gerak vertikal ke atas.
Menentukan kecepatan awal
sebuah benda yang mengalami gerak vertikal ke atas.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model Pembelajaran :
Discovery Learning, Cooperative Learning
Sumber : Bob Foster. 2007. Fisika SMA kelas X.
Jakarta: Erlangga
Marthen Kanginan. 2008. Seribu Pena Fisika untuk SMA/MA
Kelas X. Jakarta: Erlangga
Pertemuan
1
Waktu : 3 x 45
menit (3 JP)
PENDAHULUAN (20 Menit)
|
· Guru memberikan salam dan
membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai
implementasi nilai religius.
· Guru melakukan presensi dan mengecek
konsentrasi siswa sebelum pelajaran dimulai.
· Apersepsi: guru bertanya
pada siswa “pernahkah kalian naik mobil? Jika kalian menoleh keluar jendela,
apakah yang kalian lihat? Apa yang terjadi dengan benda tersebut? Apakah
bergerak?
· Siswa bersama guru
mengkonstruksi tentang gerak sebuah benda.
· Guru merangsang siswa untuk
bersyukur bahwa kita masih memiliki kaki untuk bisa berjalan.
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
INTI (95 Menit)
|
· Siswa mengamati lintasan
temannya (Siswa A) yang bergerak 4 langkah ke depan, kemudian belok 3 langkah
ke kanan dan berbelok 4 langkah ke belakang, mencatat waktunya dan menandai
titik awal serta titik akhirnya serta mencatat jaraknya. Mengamati. (sintaks: Menstimulasi)
· Siswa mengamati lintasan
gerak siswa dalam diagram kartesian yang di buat oleh guru. Mengamati.
· Siswa mengamati beda jarak
lintasan yang ditempuh siswa A dan jarak yang diukur langsung dari titik awal
ke titik akhir. Mengamati.
· Siswa menanya beda jarak lintasan
yang ditempuh siswa A dan jarak yang di ukur langsung dari titik awal ke
akhir. Menanya (sintaks: Mengidentifikasi masalah)
· Siswa mencatat beda jarak
lintasan yang ditempuh siswa A dan jarak yang diukur langsung dari titik awal
ke titik akhir. Mengumpulkan informasi.
(sintaks: pengumpulan data)
· Siswa mengasosiasi perbedaan
konsep jarak dan perpindahan. Mengasosiasi.(Sintaks:
Pengolahan Data)
· Bersama guru siswa
membuktikan kebenaran konsep jarak dan perpindahan yang mereka dapat. (Sintaks: Pembuktian)
· Siswa diajak untuk mengamati
perjalanan yang pernah mereka lakukan meliputi jarak, waktu tempuh dan
arahnya. Mengamati (sintaks: Menstimulasi)
· Siswa diajak untuk mengamati
speedometer motor atau mobil.
Mengamati
· Siswa mengamati lintasan
perjalan yang di gambarkan pada bidang
kartesian oleh guru. Mengamati
· Siswa menanya tentang makna
dari angka yang terbaca dalam speedometer. Menanya (sintaks: Mengidentifikasi masalah)
· Siswa mengumpulkan informasi
tentang waktu, arah, jarak dan perpindahan dari perjalanan di atas. Mengumpulkan informasi. (sintaks:
pengumpulan data)
· Siswa merumuskan hubungan
antara perpindahan, waktu tempuh, arah, kealjuan dan kecepatan. Mengasosiasi (sintaks: pengolahan data)
· Siswa menalar bagaimana
hubungan perpindahan, selang waktu, kecepatan sesaat dan kecepatan rata rata.
Mengasosiasi
· Bersama guru siswa
membuktikan hubungan perpindahan, selang waktu, kecepatan sesaat dan
kecepatan rata rata. (Sintaks:
pembuktian)
|
PENUTUP (20 Menit)
|
Mendorong siswa untuk
melakukan:
· menyimpulkan perbedaan
perpindahan dan jarak, serta cara menentukan perpindahan dan jarak.(sintaks: menarik kesimpulan)
· menyimpulkan perbedaan
kelajuan dan kecepatan, serta cara menentukan perpindahan dan jarak.
· merefleksi perbedaan
perpindahan dan jarak, kelajuan dan kecepatan serta cara menentukannya.
· Siswa mendapatkan Tugas dari
guru
|
Pertemuan 2
Waktu : 3 x 45 menit
PENDAHULUAN(20 Menit)
|
· Guru memberikan salam dan
membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai
implementasi nilai religius.
· Guru melakukan presensi dan
mengecek konsentrasi siswa (senam otak dll) sebelum pelajran dimulai.
· Guru menanyakan apakah ada
kesulitan dari tugas kemarin dan membahasnya.
· Apersepsi: “siswa diingatkan
oleh guru tentang gerak benda pada lintasan lurus.
|
INTI (100 Menit)
|
· Siswa mengamati sebuah
animasi gerak benda yang bergerak dengan kecepatan tetap dengan lintasan
lurus. Mengamati. (sintaks:
menstimulasi)
· Siswa menanya tentang
kecepatan gerak benda yang ditampilkan. Menanya.
(sintaks: mengidentiifikasi masalah)
· Siswa mengumpulkan informasi
besaran besaran yang berlaku pada gerak lurus beraturan. Mengumpulkan Informasi. (sintaks: pengumpulan data)
· Siswa mengasosisasikan
hubungan besaran besaran GLB dalam
bentuk persamaan, menghubungkan besaran besaran tersebut dalam bentuk grafik.
Mengasosiasi(sintaks: pengolahan data)
· Bersama guru siswa
membuktikan hubungan besaran besaran
GLB dalam bentuk persamaan,
menghubungkan besaran besaran tersebut dalam bentuk grafik. (sintaks: pembuktian)
· Siswa menjelaskan konsep GLB
di depan kelas. Mengkomunikasikan
· Siswa mengamati animasi
benda yang bergerak dari keadaan diam kemudian bergerak dipercepat. Mengamati (sintaks: menstimulasi)
· Siswa menanya makna angka
percepatan yang muncul. Menanya.
(sintaks: mengidentiifikasi masalah)
· Siswa mengumpulkan informasi
makna dari nilai sebuah percepatan. Mengumpulkan
Informasi (sintaks: pengumpulan
data)
· Siswa menalar definisi dan
makna dari percepatan. Mengasosiasi(sintaks:
pengolahan data)
· Bersama guru siswa
membuktikan definisi dan makna percepatan. (Sintaks: pembuktian)
· Siswa menjelaskan makna
percepatan di depan kelas secara verbal. Mengkomunikasikan
· Siswa menalar bahwa gerak
benda pada lintasan lurus yang kecepatannya berubah merupakan gerak GLBB. Mengasosiasi.
· Siswa bertanya hubungan
antara besaran besaran yang ada dalam GLBB. Menanya
· Siswa mengumpulkan informasi
hubungan antar besaran dalam GLBB. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa menalar hubungan antar
besaran dalam GLBB. Mengasosiasi
· Siswa menjelaskan kepada
teman sebangku tentang hubungan antar besaran dalam GLBB. Mengkomunikasikan
· Siswa membentuk kelompok
untuk praktikum pertemuan depan, satu kelompok 4 anak.
· Guru membagikan Lembar Kerja
Siswa dan menerangkan langkah langkah praktikum.
|
PENUTUP (15 Menit)
|
Mendorong siswa untuk
melakukan:
·
menyimpulkan konsep GLB (sintaks: menarik kesimpulan)
·
menyimpulkan makna sebuah
benda yang mengalami percepatan.
·
menyimpulkan perbedaan
percepatan sesaat dan percepatan rata rata.
·
Guru memberikan tugas
sebagai bagian dari evalusi.
|
Pertemuan
3
Waktu: 3 x 45 menit.
PENDAHULUAN (20 Menit)
|
· Guru memberikan salam dan
membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai
implementasi nilai religius.
· Guru melakukan presensi dan
mengecek konsentrasi siswa sebelum pelajaran dimulai.
· Guru menanyakan apakah ada
kesulitan dari tugas kemarin dan membahasnya secara singkat.
|
INTI (95 Menit)
|
· Siswa menyiapakan alat dan
bahan untuk praktikum.
· Siswa melakukan praktikum
ticker timer. Mengamati
· Siswa bertanya tentang
praktikum yang dilakukan apakah sudah sesuai atau belum. Menanya
· Siswa mencatat hasil
praktikum dengan ticker timer, sesuai petunjuk pada Lembar Kerja Siswa (LKS)
Mengumpulkan informasi.
· Siswa mengolah data hasil
praktikum. Mengasosiasi
· Siswa membuat grafik hasil
praktikum ticker timer.
· Siswa menganalisis hubungan
besaran besaran dalam GLBB melalui grafik hasil praktikum. Mengasosiasi
· Siswa menyampaikan hasil
praktikum di depan kelas. Mengkomunikasikan
· Siswa bersama guru membahas
hasil praktikum dan mengkaitkan dengan persamaan matematisnya. Mengamati
· Siswa bertanya perumusan
matematis pada GLBB. Menanya
· Siswa mengumpulkan informasi
perumusan matematis pada GLBB. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa menalar perumusan
matematis pada GLBB. Mengasosiasi
· Siswa menjelaskan perumusan
matematis pada GLBB dengan siswa lain. Mengkomunikasikan
|
PENUTUP (20 Menit)
|
Mendorong siswa untuk
melakukan:
· menyimpulkan pengaruh adanya
percepatan pada gerak lurus.
· menyimpulkan hubungan
besaran besaran dalam gerak lurus berubah beraturan.
· menyimpulkan persamaan
matematis yang ada dalam gerak lurus berubah beraturan.
|
Pertemuan 4
Waktu: 3 x 45 menit.
PENDAHULUAN (20 Menit)
|
· Guru memberikan salam dan
membimbing siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai sebagai
implementasi nilai religius.
· Guru melakukan presensi dan
mengkondisikan siswa sebagai bagian dari disiplin siswa.
· Guru mengingatkan kembali
tentang konsep gerak lurus berubah beraturan yang diajarkan kemarin.
|
INTI (95 Menit)
|
· Siswa berkumpul sesuai
kelompok seperti kemarin.
· Siswa mengamati animasi dan
peragaan jatuhnya sebuah benda tanpa kecepatan awal (gerak jatuh bebas). Mengamati
· Siswa mengamati animasi dan
peragaan gerak vertikal ke atas.
Mengamati
· Siswa berdiskusi tentang hal
hal yang ditanyakan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS). Menanya
· Siswa mengumpulkan informasi
jawaban jawaban akan pertanyaan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS). . Mengumpulkan
informasi
· Siswa mengasosiasi perumusan
matematis gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas sesuai dengan petunjuk
pada Lembar Diskusi Siswa (LDS). Mengasosiasi
· Siswa menyapaikan hasil
diskusinya tentang gerak jatuh bebas dan bertikal ke atas. mengkomunikasikan
· Siswa menjalani evalusai
akhir (60 menit)
|
PENUTUP (20 Menit)
|
Mendorong siswa untuk melakukan:
· Menyimpulkan konsep gerak
jatuh bebas, gerak vertikal ke atas dan perumusan matematisnya.
|
F.
Penilaian Pembelajaran
Teknik dan bentuk instrumen:
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
KI III dan IV
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Pilihan Ganda, Tes Uraian
|
Semarang, 31 Maret 2016
Guru Mata Pelajaran,
Rahmat Budi Santoso
Tidak ada komentar:
Posting Komentar