Sabtu, 23 April 2016

RPP FISIKA KELAS X HUKUM NEWTON

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA

Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran        : Fisika
Kelas/Semester         : X/satu
Alokasi Waktu         : 3 x 3 JP
 


A.    KOMPETENSI INTI
KI-I     :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2     :               Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3     :               Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4     :               Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
3.7 Menganilisis interaksi gaya serta hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus. 
3.4.1 Menerapkan Hukum I, II, dan III Newton.
3.4.2 Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada benda (gaya berat, gaya normal, tegangan tali, gaya gesek).
4.1 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya.
4.1.1.   Menyajikan dan mengkomunikasi-kan hasil diskusi serta pengamatan.



C.    MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
1.      Kita akan merasa terdorong ke depan saat berada di dalam sebuah mobil yang melaju kencang kemudian direm dengan tiba-tiba. Hal itu dikarenakan tubuh kita cenderung mempertahankan keadaannya.
2.      Bola yang semula diam, akan bergerak saat ditendang. Hal tersebut karena bola menerima gaya dorong akibat dari tendangan.
3.      Perahu kita akan terdorong ke depan saat kita mendayung air ke arah belakang. Gaya dorong yang diterima perahu akan sama besar dengan gaya yang kita lakukan saat mendayung.
Konsep
1.      Gaya
2.      Percepatan
3.      Massa dan Berat
Prinsip
1.      Hukum I Newton
2.      Hukum II Newton
3.      Hukum III Newton
Prosedur
Mengamati hubungan gaya, massa, dan percepatan
Kegiatan 1
1.      Rangkailah bahan-bahan yang diperlukan seperti pada gambar berikut:




2.      Ukur massa beban A dan beban B
3.      Letakkan beban A pada jarak 100 cm dari katrol
4.      Lepaskan beban, hingga beban tersebut bergerak
5.      Ukur waktu yang tempuh saat beban bergerak hingga berhenti
6.      Tambahkan massa beban A menjadi lebih besar dari massa sebelumnya
7.      Ulangi kegiatan 3 sampai kegiatan 5


Kegiatan 2
1.      Rangkailah bahan-bahan yang diperlukan seperti pada gambar berikut:




2.      Ukur massa beban A dan beban B
3.      Letakkan beban A pada jarak 100 cm dari katrol
4.      Lepaskan beban, hingga beban tersebut bergerak
5.      Ukur waktu yang tempuh saat beban bergerak hingga berhenti
6.      Tambahkan massa beban B menjadi lebih besar dari massa sebelumnya
7.      Ulangi kegiatan 3 sampai kegiatan 5
Materi
Hukum Newton dan Penerapannya. Bahan ajar terlampir.

D.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran         : Inkuiri Terbimbing
Metode pembelajaran       : Eksperimen, Demonstrasi, Diskusi

E.     KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan I (3 x 45 menit)
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
1.      Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3.      Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4.      Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5.      Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan – pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa
Pertanyaan: Mengapa benda bisa bergerak? Apakah yang disebut dengan gaya?
6.      Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
(80 menit)
1.      Guru membimbingpembentukan kelompok diskusi siswa yang terdiri dari 3-4 siswa.
2.      Guru menayangkan sebuah video mengenai Hukum I Newton yang akan dijadikan bahan diskusi siswa.
3.      Siswa mengamati peristiwa yang ada dalam video. (MENGAMATI)
4.      Siswa melakukan diskusi secara berkelompok:
5.      Siswa mencari teori yang bersangkutan dengan bahan diskusi. (MENGUMPULKAN INFORMASI)
6.      Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompoknya. (MENGASOSIASI)
7.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di hadapan kelompok yang lain.(MENGOMUNIKASIKAN)
8.      Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai hasil yang dipresentasikan kelompok lain. (MENANYA)
9.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.
10.  Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk mengambil seutas tali, katrol, stopwatch, penggaris dan beban.
11.  Guru mendemonstrasikan langkah kerja untuk melakukan percobaan Hukum II Newton.
12.  Guru memfasilitasi setiap kelompok melakukan percobaan sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan.
13.  Guru memeriksa percobaan yang dilakukan siswa apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
14.  Siswa secara kelompok melakukan percobaan Hukum II Newton.(MENGAMATI DAN MENGUMPULKAN INFORMASI /DATA)
15.  Siswa secara kelompok mendiskusikan hasil pengamatan dan membuat laporan percobaan sesuai dengan LKS. (MENGASOSIASI)
16.  Siswa mempresentasikan laporan percobaan kelompoknya(MENKOMUNIKASIKAN)
17.  Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai hasil yang dipresentasikan kelompok lain. (MENANYA)
18.  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.
19.  Guru bertanya jawab apakah ada hal-hal yang belum diketahui siswa.
20.  Guru memberikan penguatan materi.
Penutup
(40 menit )
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.
2.      Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3.      Guru memberikan tugas.

Pertemuan II (3 x 45 menit)
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
1.  Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.   Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3.   Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4.  Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5.  Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan – pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa.
Pertanyaan: Apakah yang menyebabkan benda bergerak? Mengapa mobil bisa berhenti saat di rem?
6.   Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
(70 menit)
1.   Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
2.   Guru mendemonstrasikan percobaan adanya gaya gesek.
3. Siswa secara kelompok mengamati demonstrasi. (MENGAMATI)
4.   Siswa secara kelompok mendiskusikan materi pembelajaran. (MENGUMPULKAN DATA/INFORMASI DAN MENGASOSIASI)
5.  Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (MENGOMUNIKASIKAN)
6.  Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai hasil diskusi. (MENANYA)
7.   Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.
8. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
9.   Guru memberikan penguatan materi.
Penutup
(50 menit )
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.
2. Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3.  Guru memberikan tugas.

Pertemuan III (3 x 45 menit)
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
1.  Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.   Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3.   Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4.   Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5. Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan – pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa.
Pertanyaan: Mengapa perahu kita dapat bergerak ke depan saat kita mendayung ke belakang dan sebaliknya? Apa yang terjadi pada bola yang di lemparkan ke tembok? Mengapa?
6.   Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
(70 menit)
1.  Melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang Hukum III Newton. (mengamati)
2.  Guru mempersilakan siswa untuk bertanya, apabila tidak ada, maka guru memberikan rangsangan dengan cara bertanya pada siswa. (menanya)
3.   Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
4.   Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk mengambil 2 buah neraca pegas, dan sebuah beban.
5.  Guru memfasilitasi setiap kelompok melakukan percobaan sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan.
6.   Guru memeriksa percobaan yang dilakukan siswa apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
7.  Siswa secara kelompok melakukan percobaan. (mengumpulkan data/informasi)
8.  Siswa secara kelompok mendiskusikan materi-materi diskusi dalam LKS(mengasosiasi)
9. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. (mengkomunikasikan)
10.Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.
11.Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
12.Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
13.  Guru memberikan penguatan materi.
Penutup
(50 menit)
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.
2.  Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3.    Guru memberikan tugas.

F.     PENILAIAN
1.      Aspek Penilaian
Kognitif (Pengetahuan)
Afektif (Sikap)
Psikomotorik (Keterampilan)
2.      Bentuk Instrumen
Tes evaluasi untuk penilaian aspek kognitif.
Lembar observasi kinerja untuk penilaian aspek psikomotorik
No
Nama
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Keterangan
Persiapan
Pelaksanaan
Hasil
Laporan









































































3.      Jenis Tagihan
ü  Jawaban tes evaluasi
ü  Laporan hasil kerja dan diskusi kelompok
ü  Tugas terstruktur


G.    SUMBER DAN MEDIA BELAJAR
1.      Sumber
Buku Paket Fisika SMA Kelas X
LKS
LDS
2.      Media
Video Pembelajaran

Mengetahui,                                                                     Semarang, 30 Maret 2016
Kepala                                                                              Guru Mata Pelajaran
SMA                                                                                Fisika



_______________                                                           Rahmat Budi Santoso, S.Pd.
NIP                                                                                  NIM 4201016010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar