RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
HUKUM
NEWTON DAN PENERAPANNYA
Sekolah :
SMA
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/satu
Alokasi Waktu : 3 x 3 JP
A.
KOMPETENSI
INTI
KI-I : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI-3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.7 Menganilisis interaksi gaya serta hubungan antara gaya,
massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
|
3.4.1
Menerapkan Hukum I, II, dan III Newton.
3.4.2
Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada benda (gaya berat, gaya normal,
tegangan tali, gaya gesek).
|
4.1 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait
interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
serta makna fisisnya.
|
4.1.1. Menyajikan dan
mengkomunikasi-kan hasil diskusi serta pengamatan.
|
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
Fakta
1. Kita
akan merasa terdorong ke depan saat berada di dalam sebuah mobil yang melaju
kencang kemudian direm dengan tiba-tiba. Hal itu dikarenakan tubuh kita
cenderung mempertahankan keadaannya.
2. Bola
yang semula diam, akan bergerak saat ditendang. Hal tersebut karena bola
menerima gaya dorong akibat dari tendangan.
3. Perahu
kita akan terdorong ke depan saat kita mendayung air ke arah belakang. Gaya
dorong yang diterima perahu akan sama besar dengan gaya yang kita lakukan saat
mendayung.
Konsep
1. Gaya
2. Percepatan
3. Massa
dan Berat
Prinsip
1. Hukum
I Newton
2. Hukum
II Newton
3. Hukum
III Newton
Prosedur
Mengamati
hubungan gaya, massa, dan percepatan
Kegiatan 1
1.
Rangkailah
bahan-bahan yang diperlukan seperti pada gambar berikut:
2. Ukur
massa beban A dan beban B
3. Letakkan
beban A pada jarak 100 cm dari katrol
4. Lepaskan
beban, hingga beban tersebut bergerak
5. Ukur
waktu yang tempuh saat beban bergerak hingga berhenti
6. Tambahkan
massa beban A menjadi lebih besar dari massa sebelumnya
7. Ulangi
kegiatan 3 sampai kegiatan 5
Kegiatan
2
1.
Rangkailah
bahan-bahan yang diperlukan seperti pada gambar berikut:
2. Ukur
massa beban A dan beban B
3. Letakkan
beban A pada jarak 100 cm dari katrol
4. Lepaskan
beban, hingga beban tersebut bergerak
5. Ukur
waktu yang tempuh saat beban bergerak hingga berhenti
6. Tambahkan
massa beban B menjadi lebih besar dari massa sebelumnya
7. Ulangi
kegiatan 3 sampai kegiatan 5
Materi
Hukum Newton dan Penerapannya. Bahan ajar terlampir.
D.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran :
Inkuiri Terbimbing
Metode pembelajaran :
Eksperimen, Demonstrasi, Diskusi
E.
KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan
I (3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Pendahuluan
(15 menit)
|
1.
Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3.
Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4.
Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku
pelajaran dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5.
Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan –
pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa
Pertanyaan: Mengapa benda bisa bergerak? Apakah
yang disebut dengan gaya?
6.
Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
(80 menit)
|
1.
Guru membimbingpembentukan kelompok diskusi siswa
yang terdiri dari 3-4 siswa.
2.
Guru menayangkan sebuah video mengenai Hukum I
Newton yang akan dijadikan bahan diskusi siswa.
3.
Siswa mengamati peristiwa yang ada dalam video. (MENGAMATI)
4.
Siswa melakukan diskusi secara berkelompok:
5.
Siswa mencari teori yang bersangkutan dengan bahan
diskusi. (MENGUMPULKAN INFORMASI)
6.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompoknya. (MENGASOSIASI)
7.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
di hadapan kelompok yang lain.(MENGOMUNIKASIKAN)
8.
Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai
hasil yang dipresentasikan kelompok lain. (MENANYA)
9.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
10.
Guru meminta
perwakilan dari tiap kelompok untuk mengambil seutas tali, katrol, stopwatch,
penggaris dan beban.
11. Guru mendemonstrasikan langkah kerja untuk melakukan
percobaan Hukum II Newton.
12.
Guru memfasilitasi setiap kelompok melakukan percobaan sesuai
dengan langkah kerja yang telah dijelaskan.
13. Guru memeriksa percobaan yang dilakukan siswa apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
14.
Siswa secara kelompok melakukan percobaan Hukum II
Newton.(MENGAMATI DAN MENGUMPULKAN
INFORMASI /DATA)
15.
Siswa secara kelompok mendiskusikan hasil
pengamatan dan membuat laporan percobaan sesuai dengan LKS. (MENGASOSIASI)
16.
Siswa mempresentasikan laporan percobaan kelompoknya(MENKOMUNIKASIKAN)
17.
Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai
hasil yang dipresentasikan kelompok lain. (MENANYA)
18.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
19.
Guru bertanya jawab apakah ada hal-hal yang belum
diketahui siswa.
20. Guru memberikan penguatan materi.
|
Penutup
(40 menit )
|
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerja sama yang baik.
2. Siswa
dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3.
Guru memberikan tugas.
|
Pertemuan
II (3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Pendahuluan
(15 menit)
|
1. Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3. Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4. Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku
pelajaran dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5. Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan –
pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa.
Pertanyaan: Apakah yang menyebabkan benda bergerak?
Mengapa mobil bisa berhenti saat di rem?
6. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
(70 menit)
|
1. Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
2. Guru mendemonstrasikan percobaan adanya gaya gesek.
3. Siswa secara kelompok mengamati demonstrasi. (MENGAMATI)
4. Siswa secara kelompok mendiskusikan materi
pembelajaran. (MENGUMPULKAN
DATA/INFORMASI DAN MENGASOSIASI)
5. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (MENGOMUNIKASIKAN)
6. Siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai
hasil diskusi. (MENANYA)
7. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
8. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
9. Guru memberikan penguatan materi.
|
Penutup
(50 menit )
|
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerja sama yang baik.
2. Siswa
dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3. Guru memberikan tugas.
|
Pertemuan
III (3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Pendahuluan
(15 menit)
|
1. Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Guru mengecek kehadiran seluruh siswa.
3. Guru menanyakan keadaan siswa secara klasikal.
4. Guru membimbing siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran
dan tempat duduknya supaya rapi dan bersih.
5. Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan –
pertanyaan sederhana untuk merangsang kemampuan berfikir siswa.
Pertanyaan:
Mengapa perahu kita dapat bergerak ke depan saat kita mendayung ke belakang
dan sebaliknya? Apa yang terjadi pada bola yang di lemparkan ke tembok?
Mengapa?
6. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
|
Kegiatan Inti
(70 menit)
|
1. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas
tentang Hukum III Newton. (mengamati)
2. Guru mempersilakan siswa untuk bertanya, apabila
tidak ada, maka guru memberikan rangsangan dengan cara bertanya pada siswa. (menanya)
3. Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
4. Guru meminta
perwakilan dari tiap kelompok untuk mengambil 2 buah neraca pegas, dan sebuah
beban.
5. Guru memfasilitasi setiap kelompok melakukan percobaan sesuai
dengan langkah kerja yang telah dijelaskan.
6. Guru memeriksa percobaan yang dilakukan siswa apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
7. Siswa secara kelompok melakukan percobaan. (mengumpulkan data/informasi)
8. Siswa secara kelompok mendiskusikan materi-materi
diskusi dalam LKS(mengasosiasi)
9. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. (mengkomunikasikan)
10.Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
11.Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar
atau belum. jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
12.Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
13. Guru memberikan penguatan materi.
|
Penutup
(50 menit)
|
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerja sama yang baik.
2. Siswa
dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan dan membuat rangkuman (refleksi).
3. Guru memberikan tugas.
|
F.
PENILAIAN
1. Aspek
Penilaian
Kognitif
(Pengetahuan)
Afektif
(Sikap)
Psikomotorik
(Keterampilan)
2. Bentuk
Instrumen
Tes
evaluasi untuk penilaian aspek kognitif.
Lembar
observasi kinerja untuk penilaian aspek psikomotorik
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai
Akhir
|
Keterangan
|
||||||
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
|
Laporan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Jenis
Tagihan
ü Jawaban
tes evaluasi
ü Laporan
hasil kerja dan diskusi kelompok
ü Tugas
terstruktur
G.
SUMBER
DAN MEDIA BELAJAR
1.
Sumber
Buku
Paket Fisika SMA Kelas X
LKS
LDS
2.
Media
Video
Pembelajaran
Mengetahui, Semarang,
30 Maret 2016
Kepala Guru
Mata Pelajaran
SMA Fisika
_______________ Rahmat
Budi Santoso, S.Pd.
NIP NIM
4201016010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar