Sabtu, 23 April 2016

RPP FISIKA KELAS X PENGUKURAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Satuan Pendidikan      : SMA N 1 Kutowinangun
                                    Kelas/Semester            : X/1
                                    Mata Pelajaran            : Fisika
Topik                           : Pengukuran
                                    Waktu                         : 3 x 3 JP (1 JP = 45 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI  1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya(religius)
KI 2:  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.(sikap)
KI 3:   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah(pengtahuan)
KI 4:  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan (keterampilan proses)

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
Pertemuan pertama:
3.1.1.Menjelaskan konsep pengukuran, dimensi suatu besaran
3.1.2. Mampu  mengukur panjang menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dengan tepat dan teliti
3.1.3. Menentukan ketelitian dan ketepatan beberapa alat ukur panjang
3.1.4. Menyajikan data hasil pengukuran tunggal beserta ketidakpastiannya
Pertemuan Kedua:
3.1.5. Menjelaskan kesalahan dan ketidakpastian pengukuran berulang pada pengukuran massa dan waktu
3.1.6. Menentukan ketidakpastian pengukuran sesuai percobaan yang dilakukan
Pertemuan ketiga:
3.1.7.Menjelaskan operasi-operasi dalam angka penting
3.1.8. Menentukan angka penting hasil pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.1.1.Melakukan pengukuran panjang menggunakan alat ukur yang sesuai
4.1.2. Menentukan  massa bola tenis dan waktu bola yang berayun sebanyak 10 kali getaran
4.1.3 Menentukan massa jenis kelereng dan balok dengan aturan operasi angka penting

C.    Materi Pembelajaran
·         Fakta
o   Orang menimbang  massa  dengan neraca
o   Orang mengukur panjang jalan dengan roll meter
o   Mengukur waktu menggunakan stopwatch pada lomba lari
o   Mengukur diameter kunci menggunakan jangka sorong
·         Konsep
o   Alat ukur
o   Ketepatan dan ketelitian
o   Kesalahan pengukuran
o   Angka penting
·         Prinsip
o   Penulisan hasil pengukuran
o   Menentukan ketelitian, kesalahan/ketidakpastian pengukuran
o   Penggunaan aturan angka penting
·         Prosedur
o   Langkah-langkah melakukan pengukuran panjang, massa, dan waktu
o   Penyajian dan pengolahan data
o   Percobaan pengukuran massa jenis kelereng dan balok
D.    Pendekatan /Model /Metoda Pembelajaran
Pertemuan
Pendekatan
Model
Metode
I
Scientific
Cooperatif Learning
Diskusi/tanya jawab/praktek
II
Scientific
Cooperatif Learning
Diskusi/tanya jawab/praktek
III
Scientific
Cooperatif Learning
Diskusi/tanya jawab/praktek

E.     Media Pembelajaran
Pertemuan
Media
Alat dan bahan
Sumber belajar
I

Mistar/meteran,
micrometer  sekrup, jangka sorong, kelereng, pensil baru,
kawat dan,buku fisika
Indrajit,Didit.2007. Mudah dan aktif belajar Fisika. Bandung : Setia Purna Inves
Saripudin,A.dkk.2009.Praktis Belajar Fisika untuk Kelas X.Jakarta: Visindo Media Persada
Besaran dan satuan, alat ukur tersedia di
Pengukuran tersedia di  http://fisikawanhijau.blogspot.co.id
Sutiagah, A.2013. Teknik Kelistrikan dan Elektronika Instrumentasi.Buku Ajar SMK

II

Kelereng, , stopwatch, meteran,
neraca ohaus, busur derajat, statip
III
Power Point
Jangka sorong, neraca ohaus, balok,kelereng

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1.    Membuka pelajaran dan mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
2.    Apersepsi:
-          Pada saat kalian di SMP sudah mempelajari tentang macam-macam besaran fisika. Coba sebutkan contoh-contoh dari besaran tersebut?
-          Sekarang coba sebutkan besaran-besaran apa saja yang termasuk dalam besaran pokok dan besaran turunan ?
-          Apakah kalian sudah pernah mengukur tinggi badan atau menggunakan stopwatch saat di SMP ?
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari
10 menit
Inti
Fase 2.
Menyajikan informasi
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok  belajar

Fase 4. Membimbing Kelompok  Belajar








































Fase 5. Evaluasi








Fase 6. Pemberian penghargaan
1.      Guru mengulas materi besaran pokok dan alat ukurnya, besaran turunan serta tambahan materi dimensi pada besaran-besaran tersebut.

2.      Peserta didik dibagi menjadi menjadi kelompok-kelompok dan tiap kelompok berjumlah 4-5 orang


3.      Guru membimbing cara penggunaan alat ukur panjang,massa, waktu
Mengamati
§  Peserta didik menyimak cara menggunakan alat ukur yang digunakan pada percobaan
§  Peserta didik mengamati skala alat ukur panjang yang disediakan untuk percobaan  yaitu mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup
Menanya
§  Peserta didik berdiskusi dan bertanya tentang perbedaan ketelitian dan ketidakpastian ketiga alat ukur tersebut
§  Siswa dipancing untuk bertanya tentang perbedaan ketelitian dan ketidakpastian ketiga alat ukur.
Mengumpulkan informasi
§  Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 01
§  Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk melakukan pengukuran (menentukan teman yang mengukur benda sesuai alat ukurnya masing-masing)
§  Peserta didik melakukan percobaan tentang pengukuran panjang dengan menggunakan alat ukur panjang yang memiliki ketelitian yang berbeda.
§  Peserta didik mengamati pembacaan skala hasil pengukuran oleh masing-masing alat ukur yang digunakan
§  Peserta didik menentukan hasil pengukuran diameter kelereng, panjang pensil, diameter kawat, dn tebal buku fisika
Mengasosiasi
§  Peserta didik mengolah hasil pengukuran yang dilengkapi dengan ketidakpastian masing-masing alat ukur panjang
§  Peserta didik dibimbing bagaimana cara menuliskan  hasil pengukuran tersebut
Mengomunikasikan
§  Perwakilan dari tiap kelompok  menyampaikan hasil  pengukuran panjang pada LKS 01  tentang ketelitian alat ukur yang berbeda dan penyebabnya
§  Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok yang bersangkutan
§  Peserta didik megerjakan soal berkaitan dengan dimensi besaran turunan dan pengukuran.
4.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
115 menit




















































Penutup
·         Peserta didik merangkum konsep pengukuran dan prinsip-prinsip dalam pengukuran dan dimensi.
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan ketelitian dan penggunaan beberapa alat ukur
·         Memberikan tugas untuk membaca materi pengukuran berulang.
·         Doa dan salam penutup  penutup pembelajaran
10 menit

Pertemuan kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1.    Membuka pelajaran dengan salam dan doa pembuka
2.    Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kesehatan peserta didik
3.    Merefleksi materi yang berkaitan dengan pengukuran panjang pada pertemuan sebelumnya
“masih ingatkah bagaimana cara menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup ?”
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
15 menit
Inti
Fase 2. Menyajikan informasi














Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok  belajar

Fase 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar




















Fase 5. Evaluasi






Fase 6. Pemberian penghargaan
1.      Guru menjelaskan materi pengukuran massa dan waktu dan percobaan yang akan dilakukan
Menanya
·      Peserta didik berdiskusi kemudian bertanya tentang percobaan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang benar
a.      “mengapa skala alat ukur harus dalam posisi nol sebelum melakukan pengukuran ?”
b.      Mengapa pengukuran terhadap objek yang sama harus dilakukan secara berulang-ulang?Apakah hasil pengukuran yang pertama akan sama dengan hasil pengukuran yang kedua dan seterusnya?
·      Peserta didik saling berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan

2.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 4-5 anak


Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik berdiskusi bersama teman kelompok mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 02
·         Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk melakukan pengukuran
·         Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk melakukan
·         Peserta didik melakukan percobaan tentang pengukuran  massa kelereng dan waktu pada ayunan matematis  
·         Peserta didik menentukan hasil pengukuran massa  dan waktu secara berulang
Mengasosiasi
·         Peserta didik menentukan hasil pengukuran yang dilakukan sebanyak tiga lima untuk masing-masing besaran yang diminta dalam LKS 02
·         Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan menganalisis hasil pengukuran berulang tersebut lengkap dengan ketidakpastianya

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
·         Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok yang bersangkutan
·         Peserta didik mengerjakan soal berkaitan dengan pengukuran berulang
3.      Memberikan penghargaan kepada siswa teraktif pada masing-masing kelompok
110 menit
Penutup
·         Peserta didik merangkum pokok bahasan pengukuran berulang
·         Memberikan tugas tentang pengolahan dan analisis data pengukuran berulang dan tugas baca mengenai aturan penulisan angka penting
·         Memberikan tugas rumah
·         Salam dan doa penutup pembelajaran
10 menit

Pertemuan ketiga
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1.      Membuka pelajaran dengan salam dan doa pembuka
2.      Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kesehatan peserta didik
3.      Merefleksi materi yang berkaitan dengan pengukuran panjang pada pertemuan sebelumnya
“masih ingatkah bagaimana cara menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup ?”
“apakah kalian masih ingat cara menggunakan neraca Ohaus ?
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
25 menit
Inti
Fase 2. Menyajikan informasi



Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok  belajar













Fase 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
























Fase 5. Evaluasi







Fase 6. Pemberian penghargaan

1.      Guru menjelaskan tentang angka penting dan aturan angka penting
2.      Peserta didik memperhatikan secara aktif penjelasan guru

3.      Guru membimbing siswa secara berkelompok yang terdiri dari 4-5 anak untuk melakukan prktikum menentukan massa jenis balok dan kelereng

Menanya
·         Peserta didik berdiskusi (bertanya) tentang hasil pengukuran pertemuan sebelumnya dikaitkan dengan angka penting
Berikut pertanyaan yang peserta didik ajukan:
Apa hubungannya hasil pengkuran dengan angka penting?Apakah semua angka hasil pengukuran disebut angka penting?
·         Peserta didik saling berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan
Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik berdiskusi bersama teman kelompok mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 03 untuk menguatkan jawaban mereka
·         Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk melakukan pengukuran
·         Peserta didik melakukan percobaan tentang pengukuran panjang, lebar dan tinggi balok untuk menentukan massa jenis balok tersebut
·         Peserta didik melakukan pengukuran diameter kelereng untuk mencari jari-jari,volume, untuk menentukan massa jenis kelereng
·         Peserta didik mengamati pembacaan skala hasil pengukuran oleh masing-masing alat ukur yang digunakan
·         Peserta didik melakukan pengukuran massa balok dan kelereng
·         Peserta didik menentukan massa jenis balok tersebut menggunakan persamaan massa jenis
Mengasosiasi
·         Peserta didik menentukan hasil pengukuran massa jenis balok dan kelereng sesuai aturan angka penting
·         Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dengan menjawab pertanyaan diskusi pada lembar LKS 03 serta berdiskusi tentang aturan penulisan angka penting
Mengkomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah yang mereka dapatkan sesuai percobaan tentang angka penting hasil pengukuran yang dikaitkan dengan ketelitian alat ukur
·         Kelompok lain menanggapi hasil presentsi
·         Melakukan postest
4.      Memberikan penhargaan kepada siswa teraktif pada kegiatan pembelajaran
100 menit
Penutup
1.    Guru bersama peserta didik merangkum aturan penulisan angka penting dan pengukuran massa jenis
2.    Memberikan tugas tentang angka penting
3.    Salam dan doa penutup pembelajaran
10 menit

G.    Penilaian
1)      Penilaian Kognitif (KI. III)
a.       Teknik penilaian                      : Tes Tertulis
b.      Bentuk instrumen                    : Soal Pilihan ganda dan essay
c.       Instrumen                                : ( Terlampir)
d.      Panduan penskoran/ bobot      : ( Terlampir)
e.       Rekapan penilaian                   : (Terlampir)
2)      Penilaian psikomotor (KI. IV)
a.       Teknik penilaian                      : Observasi
b.      Bentuk instrumen                    : Lembar observasi
c.       Instrumen                                : (terlampir)
d.      Panduan penskoran/ bobot      : (terlampir)
e.       Rekapan penilaian

Semarang, 11 April 2016
Mengetahui kepala sekolah                                         Guru Mata Pelajaran Fisika



             ………………………….                                          Rahmat Budi Santoso, S.Pd
NIP                                                                              NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar