RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N 1 Kutowinangun
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Fisika
Topik
: Pengukuran
Waktu : 3 x 3 JP (1 JP = 45 menit)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya(religius)
KI
2:
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.(sikap)
KI
3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah(pengtahuan)
KI
4:
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan (keterampilan proses)
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami hakikat fisika dan
prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
|
Pertemuan
pertama:
3.1.1.Menjelaskan
konsep pengukuran, dimensi suatu besaran
3.1.2.
Mampu mengukur panjang menggunakan
mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dengan tepat dan teliti
3.1.3.
Menentukan ketelitian dan ketepatan beberapa alat ukur panjang
3.1.4.
Menyajikan data hasil pengukuran tunggal beserta ketidakpastiannya
Pertemuan
Kedua:
3.1.5.
Menjelaskan kesalahan dan ketidakpastian pengukuran berulang pada pengukuran
massa dan waktu
3.1.6.
Menentukan ketidakpastian pengukuran sesuai percobaan yang dilakukan
Pertemuan
ketiga:
3.1.7.Menjelaskan
operasi-operasi dalam angka penting
3.1.8.
Menentukan angka penting hasil pengukuran
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran
besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk
penyelidikan ilmiah
|
4.1.1.Melakukan
pengukuran panjang menggunakan alat ukur yang sesuai
4.1.2.
Menentukan massa bola tenis dan waktu bola
yang berayun sebanyak 10 kali getaran
4.1.3
Menentukan massa jenis kelereng dan balok dengan aturan operasi angka penting
|
C.
Materi
Pembelajaran
·
Fakta
o
Orang menimbang massa dengan neraca
o
Orang mengukur panjang jalan dengan roll meter
o
Mengukur waktu menggunakan stopwatch pada lomba
lari
o
Mengukur diameter kunci menggunakan jangka
sorong
·
Konsep
o
Alat ukur
o
Ketepatan dan ketelitian
o
Kesalahan pengukuran
o
Angka penting
·
Prinsip
o
Penulisan hasil pengukuran
o
Menentukan ketelitian,
kesalahan/ketidakpastian pengukuran
o
Penggunaan aturan angka penting
·
Prosedur
o
Langkah-langkah melakukan pengukuran panjang,
massa, dan waktu
o
Penyajian dan pengolahan data
o
Percobaan pengukuran massa jenis kelereng dan
balok
D.
Pendekatan
/Model /Metoda Pembelajaran
Pertemuan
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode
|
I
|
Scientific
|
Cooperatif
Learning
|
Diskusi/tanya
jawab/praktek
|
II
|
Scientific
|
Cooperatif
Learning
|
Diskusi/tanya
jawab/praktek
|
III
|
Scientific
|
Cooperatif
Learning
|
Diskusi/tanya
jawab/praktek
|
E.
Media
Pembelajaran
Pertemuan
|
Media
|
Alat dan bahan
|
Sumber belajar
|
I
|
Mistar/meteran,
micrometer sekrup, jangka sorong, kelereng, pensil
baru,
kawat dan,buku
fisika
|
Indrajit,Didit.2007.
Mudah dan aktif belajar Fisika. Bandung
: Setia Purna Inves
Saripudin,A.dkk.2009.Praktis Belajar Fisika untuk Kelas X.Jakarta:
Visindo Media Persada
Besaran dan satuan,
alat ukur tersedia di
Pengukuran tersedia
di http://fisikawanhijau.blogspot.co.id
Sutiagah, A.2013. Teknik Kelistrikan dan Elektronika
Instrumentasi.Buku Ajar SMK
|
|
II
|
Kelereng, , stopwatch,
meteran,
neraca ohaus,
busur derajat, statip
|
||
III
|
Power Point
|
Jangka sorong,
neraca ohaus, balok,kelereng
|
F.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
1.
Membuka pelajaran dan mengucapkan salam serta mengecek kehadiran
siswa
2.
Apersepsi:
-
Pada saat kalian di SMP sudah mempelajari
tentang macam-macam besaran fisika. Coba sebutkan contoh-contoh dari besaran
tersebut?
-
Sekarang coba sebutkan besaran-besaran apa
saja yang termasuk dalam besaran pokok dan besaran turunan ?
-
Apakah kalian sudah pernah mengukur tinggi
badan atau menggunakan stopwatch saat di SMP ?
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi yang
akan dipelajari
|
10 menit
|
Inti
Fase
2.
Menyajikan
informasi
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
Fase 4. Membimbing Kelompok Belajar
Fase 5. Evaluasi
Fase 6. Pemberian penghargaan
|
1.
Guru mengulas materi besaran pokok dan alat
ukurnya, besaran turunan serta tambahan materi dimensi pada besaran-besaran
tersebut.
2.
Peserta didik dibagi menjadi menjadi
kelompok-kelompok dan tiap kelompok berjumlah 4-5 orang
3.
Guru membimbing cara penggunaan alat ukur
panjang,massa, waktu
Mengamati
§ Peserta
didik menyimak cara menggunakan alat ukur yang digunakan pada percobaan
§ Peserta
didik mengamati skala alat ukur panjang yang disediakan untuk percobaan yaitu mistar, jangka sorong, dan mikrometer
sekrup
Menanya
§ Peserta didik
berdiskusi dan bertanya tentang perbedaan ketelitian dan ketidakpastian
ketiga alat ukur tersebut
§ Siswa dipancing
untuk bertanya tentang perbedaan ketelitian dan ketidakpastian ketiga alat
ukur.
Mengumpulkan
informasi
§ Peserta didik berdiskusi bersama kelompok
mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 01
§ Peserta didik
membagi tugas dalam kelompok untuk melakukan pengukuran (menentukan teman
yang mengukur benda sesuai alat ukurnya masing-masing)
§ Peserta didik
melakukan percobaan tentang pengukuran panjang dengan menggunakan alat ukur
panjang yang memiliki ketelitian yang berbeda.
§ Peserta didik
mengamati pembacaan skala hasil pengukuran oleh masing-masing alat ukur yang
digunakan
§ Peserta didik menentukan hasil pengukuran diameter
kelereng, panjang pensil, diameter kawat, dn tebal buku fisika
Mengasosiasi
§ Peserta didik
mengolah hasil pengukuran yang dilengkapi dengan ketidakpastian masing-masing
alat ukur panjang
§ Peserta didik
dibimbing bagaimana cara menuliskan hasil pengukuran tersebut
Mengomunikasikan
§ Perwakilan
dari tiap kelompok menyampaikan hasil pengukuran panjang pada LKS 01 tentang ketelitian alat ukur yang berbeda
dan penyebabnya
§ Kelompok lain
menanggapi presentasi kelompok yang bersangkutan
§
Peserta didik megerjakan soal berkaitan dengan dimensi
besaran turunan dan pengukuran.
4.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
terbaik
|
115 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik merangkum konsep pengukuran dan
prinsip-prinsip dalam pengukuran dan dimensi.
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan ketelitian
dan penggunaan beberapa alat ukur
·
Memberikan tugas untuk membaca materi pengukuran
berulang.
·
Doa dan salam penutup penutup pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
1.
Membuka pelajaran dengan salam dan doa pembuka
2.
Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan
kesehatan peserta didik
3.
Merefleksi materi yang berkaitan dengan pengukuran
panjang pada pertemuan sebelumnya
“masih
ingatkah bagaimana cara menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer
sekrup ?”
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
|
15 menit
|
Inti
Fase
2. Menyajikan informasi
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
Fase 4. Membimbing Kelompok Bekerja
dan Belajar
Fase 5. Evaluasi
Fase 6. Pemberian penghargaan
|
1.
Guru menjelaskan materi pengukuran massa dan waktu
dan percobaan yang akan dilakukan
Menanya
· Peserta didik
berdiskusi kemudian bertanya tentang percobaan yang harus dilakukan untuk
mendapatkan hasil yang benar
a.
“mengapa skala alat ukur harus dalam posisi nol
sebelum melakukan pengukuran ?”
b.
Mengapa pengukuran terhadap objek yang sama harus
dilakukan secara berulang-ulang?Apakah hasil pengukuran yang pertama akan
sama dengan hasil pengukuran yang kedua dan seterusnya?
·
Peserta didik saling berdiskusi untuk menemukan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
2.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan
setiap kelompok terdiri dari 4-5 anak
Mengumpulkan
informasi
·
Peserta didik berdiskusi bersama teman kelompok
mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 02
·
Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk
melakukan pengukuran
·
Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk
melakukan
·
Peserta didik melakukan percobaan tentang
pengukuran massa kelereng dan waktu pada
ayunan matematis
·
Peserta didik menentukan hasil pengukuran massa dan waktu secara berulang
Mengasosiasi
·
Peserta didik menentukan hasil pengukuran yang
dilakukan sebanyak tiga lima untuk masing-masing besaran yang diminta dalam
LKS 02
·
Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis
dan menganalisis hasil pengukuran berulang tersebut lengkap dengan ketidakpastianya
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya
·
Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok yang
bersangkutan
·
Peserta didik mengerjakan soal berkaitan dengan
pengukuran berulang
3.
Memberikan penghargaan kepada siswa teraktif pada
masing-masing kelompok
|
110 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik merangkum pokok bahasan pengukuran
berulang
·
Memberikan tugas tentang pengolahan dan analisis
data pengukuran berulang dan tugas baca mengenai aturan penulisan angka
penting
·
Memberikan tugas rumah
·
Salam dan doa penutup pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
1.
Membuka pelajaran dengan salam dan doa pembuka
2.
Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan
kesehatan peserta didik
3.
Merefleksi materi yang berkaitan dengan pengukuran
panjang pada pertemuan sebelumnya
“masih
ingatkah bagaimana cara menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer
sekrup ?”
“apakah
kalian masih ingat cara menggunakan neraca Ohaus ?
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
|
25 menit
|
Inti
Fase
2. Menyajikan informasi
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
Fase 4. Membimbing Kelompok Bekerja
dan Belajar
Fase 5. Evaluasi
Fase 6. Pemberian penghargaan
|
1.
Guru menjelaskan tentang angka penting dan aturan
angka penting
2.
Peserta didik memperhatikan secara aktif
penjelasan guru
3.
Guru membimbing siswa secara berkelompok yang
terdiri dari 4-5 anak untuk melakukan prktikum menentukan massa jenis balok
dan kelereng
Menanya
·
Peserta didik berdiskusi (bertanya) tentang hasil
pengukuran pertemuan sebelumnya dikaitkan dengan angka penting
Berikut pertanyaan yang peserta didik
ajukan:
Apa hubungannya hasil pengkuran dengan
angka penting?Apakah semua angka hasil pengukuran disebut angka penting?
·
Peserta didik saling berdiskusi untuk menemukan
jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan
Mengumpulkan
informasi
·
Peserta didik berdiskusi bersama teman kelompok
mereka masing-masing untuk melakukan percobaan sesuai LKS 03 untuk menguatkan
jawaban mereka
·
Peserta didik membagi tugas dalam kelompok untuk
melakukan pengukuran
·
Peserta didik melakukan percobaan tentang pengukuran
panjang, lebar dan tinggi balok untuk menentukan massa jenis balok tersebut
·
Peserta didik melakukan pengukuran diameter
kelereng untuk mencari jari-jari,volume, untuk menentukan massa jenis
kelereng
·
Peserta didik mengamati pembacaan skala hasil pengukuran
oleh masing-masing alat ukur yang digunakan
·
Peserta didik melakukan pengukuran massa balok dan
kelereng
·
Peserta didik menentukan massa jenis balok
tersebut menggunakan persamaan massa jenis
Mengasosiasi
·
Peserta didik menentukan hasil pengukuran massa
jenis balok dan kelereng sesuai aturan angka penting
·
Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis
dengan menjawab pertanyaan diskusi pada lembar LKS 03 serta berdiskusi
tentang aturan penulisan angka penting
Mengkomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi
pemecahan masalah yang mereka dapatkan sesuai percobaan tentang angka penting
hasil pengukuran yang dikaitkan dengan ketelitian alat ukur
·
Kelompok lain menanggapi hasil presentsi
·
Melakukan postest
4.
Memberikan penhargaan kepada siswa teraktif pada
kegiatan pembelajaran
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama peserta didik merangkum aturan
penulisan angka penting dan pengukuran massa jenis
2.
Memberikan tugas tentang angka penting
3.
Salam dan doa penutup pembelajaran
|
10 menit
|
G.
Penilaian
1)
Penilaian Kognitif (KI. III)
a.
Teknik penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
instrumen : Soal
Pilihan ganda dan essay
c. Instrumen : ( Terlampir)
d. Panduan
penskoran/ bobot : ( Terlampir)
e. Rekapan
penilaian : (Terlampir)
2)
Penilaian psikomotor (KI. IV)
a.
Teknik
penilaian : Observasi
b.
Bentuk
instrumen : Lembar
observasi
c.
Instrumen : (terlampir)
d.
Panduan
penskoran/ bobot : (terlampir)
e.
Rekapan
penilaian
Semarang, 11 April 2016
Mengetahui kepala sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar